LC9gBUg7QN0V3hwrLd8lmNtvyApY7ArMY1rVEPEw

7 Cara Menunjukkan Rasa Cinta Dalam Hubungan Pernikahan

fajarilmu.com - Saat belum menikah, banyak orang menyangka bahwa pernikahan pasti berujung kebahagiaan, sebagaimana yang ditunjukkan dalam cerita film, sinetron, atau buku cerita.

Kenyataannya, kebahagiaan bukanlah sesuatu yang pasti terjadi dalam kehidupan pasutri (pasangan suami istri). Kebahagiaan adalah sesuatu yang diupayakan, bukan suatu kemestian.

Untuk meraih kebahagiaan, perlu usaha dari kedua belah pihak untuk mencapainya. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menunjukkan rasa cinta kepada pasangan.

Upaya menunjukkan rasa cinta akan membuat kasih sayang di antara keduanya semakin erat sehingga pencapaian kebahagiaan akan lebih mudah untuk terjadi.

Lalu, bagaimana cara menunjukkan rasa cinta pada suami/istrimu. Inilah beberapa tips atau cara yang bisa digunakan.

pasutri pasangan suami istri menunjukkan cinta

1. Ungkapkan cinta melalui kata mesra

Hal yang paling mudah untuk menunjukkan rasa cinta adalah melalui kata-kata mesra dan romantis, seperti "i love you", "aku cinta kamu", "kamu yang terbaik dalam hidupku", "aku selalu terbayang wajahmu saat berjauhan", dan lain sebagainya. Susunlah kata cinta sendiri yang tepat dalam situasimu.

Kata-kata cinta dapat diucapkan secara langsung atau melalui lagu, puisi, dan teks. Akan tetapi, pengucapan secara langsung merupakan yang paling utama karena merupakan pengungkapan yang jujur dari dalam hati.

Saat mengucapkan kata cinta, ucapkanlah dengan segenap perasaan. Lihatlah wajahnya dan resapilah makna kehadiran dirinya dalam hidupmu.

Atau peluklah dia dengan hangat dan romantis sambil kau bisikkan kata cinta yang mesra pada dirinya.

2. Ungkapkan cinta melalui pujian

Setiap orang suka dipuji, baik itu wanita ataupun pria. Untuk itu, pujian juga merupakan suatu cara yang baik untuk menunjukkan rasa cintamu pada dirinya.

Pujilah dirinya dengan pujian yang baik, seperti : "kamu cantik sekali hari ini", "kamu tampan kalau berpakaian rapi seperti ini", "aku suka wangi tubuhmu", dan lain sebagainya.

Pujian bisa diberikan pada tampilan (paras, cara berpakaian, cara bersisir, harum-haruman yang dipakai, dan lain-lain), kualitas personalnya (pandai, rajin, semangat, dan lain-lain), atau pada aktivitas/upaya yang dilakukannya.

3. Berikan perhatian pada dirinya

Kata-kata cinta mewujud dalam tindakan nyata. Salah satunya adalah dengan memberikan perhatian pada dirinya.

Mulai dari awal pagi hari sampai petang, engkau bisa memberikan perhatian pada pasanganmu.

Di pagi hari, engkau bisa mengambilkan pasanganmu baju, membuat sarapan atau minuman bagi dirinya, membantu pekerjaan rumah tangganya, merapikan bajunya saat ia hendak kerja, dan lain sebagainya.

Di siang hari, karena engkau sedang tidak bersama pasanganmu, engkau dapat memberi perhatian dengan menelpon, meng-sms, atau melalui media sosialnya.

Di malam hari, engkau bisa menyambutnya ketika pulang bekerja, memberikan kehangatan cinta pada dirinya, dan lain sebagainya.

4. Berikanlah semangat dalam berbagai situasi

Upaya menunjukkan rasa cinta dapat dilakukan dengan memberikan semangat pada apa yang dilakukan oleh pasangan atau diimpi-impikan oleh pasangan.

Berilah kepercayaan pada dirinya bahwa ia mampu mewujudkan keinginannya dan doronglah dia agar berupaya untuk melaksanakan tahapan untuk mencapai cita-citanya tersebut.

Sebagai contoh, jika pasanganmu ingin menjadi penulis besar, dan ia berupaya untuk mewujudkannya, maka berilah semangat padanya agar ia rajin menulis. Jangan malah menghina dirinya dan mengatakan bahwa "engkau terlalu tua untuk menjadi penulis besar", "kamu tak berpendidikan tinggi mana mungkin bisa mencapai cita-citamu" dan lain sebagainya.

Demikian pula jika ia gagal dalam usahanya, sedangkan dia sudah berupaya maksimal untuk mewujudkannya, semangatilah agar ia mampu bangkit. Besarkanlah hatinya. Jangan malah memarahinya atau menghinanya.

Jika perlu, berikan saran-saran yang konstruktif setelah periode keterpurukan berlalu agar ia dapat mencoba bangkit dalam bidang yang sama atau dalam bidang lain yang lebih tepat.

5. Berbagilah cerita dan dengarkan yang ia katakan

Berbagi cerita merupakan salah satu upaya untuk menunjukkan rasa cintamu pada dirinya.

Dengan engkau menceritakan sesuatu hal pada dirinya, itu berarti engkau memberikan kepada dirinya kepercayaan untuk menerima informasi yang kau bagikan.

Demikian pula jika ia yang bercerita, dengarkanlah baik-baik. Jangan menyela pembicaraannya. Tunjukkan bahwa kamu tertarik dengan apa yang diceritakan oleh pasanganmu.

6. Peluk dan ciumlah pasanganmu

Aktivitas yang bersifat fisik (ciuman, pelukan, dan sebagainya) merupakan sebuah upaya yang menunjukkan bahwa benar-benar engkau cinta pada dirinya.

Berinisiatiflah untuk melakukannya, tetapi sesuaikanlah dengan situasi yang ada.

Jika dalam situasi ramai, lakukan aktivitas yang bersifat fisik yang dapat diterima dalam batasan etika sehari-hari, seperti mencium punggung tangan ketika suami/istri hendak bekerja.

Jika situasi berduaan, engkau bisa melakukan aktivitas fisik yang bersifat lebih pribadi. Tentu saja engkau bisa melakukan aktivitas apa pun yang diinginkan sepanjang aktivitas tersebut baik dan sesuai dengan keinginan hatimu dan pasanganmu.

7. Berterima kasih

Berterima kasihlah pada pasanganmu atas kebaikan hatinya atau atas apa yang dilakukan oleh pasanganmu, meskipun itu untuk hal-hal yang menjadi rutinitasnya.

Sesederhana apa pun jasanya pada dirimu, seperti hanya secangkir kopi yang dihidangkan olehnya, berterima kasihlah.

Rasa terima kasih menunjukkan penghargaanmu pada apa yang ia lakukan. Ia akan merasa senang dengan ucapan itu. Lalu, ia akan berupaya yang lebih baik karena penghargaanmu pada dirinya berkesan di hatinya.

Post a Comment

Arsip