LC9gBUg7QN0V3hwrLd8lmNtvyApY7ArMY1rVEPEw

8 Tips Agar Hubungan LDR Dapat Berjalan Baik dan Lancar

fajarilmu.com - Dalam suatu rumah tangga, terkadang seorang suami harus berpisah dengan istrinya untuk jangka waktu yang lama. Mereka berdua menjalani hubungan jarak jauh, atau istilah kerennya long distance relationship (disingkat LDR).

LDR bukanlah kondisi yang ideal bagi pasangan suami istri karena pertemuan secara fisik sangat penting dalam membina hubungan rumah tangga. Saat seseorang berdekatan dengan pasangannya, ada kasih sayang yang tercurahkan.

Seorang suami akan merasa damai saat ia menjumpai sang istri ketika pulang bekerja. Demikian pula seorang istri akan merasa lebih lega ketika ia mampu mencurahkan perasaannya secara tatap mata kepada sang suami yang merupakan tempat terbaik untuk berbagi cerita.

Tidaklah mudah untuk membina hubungan yang harmonis dalam keadaan LDR. Namun demikian, tidaklah mustahil untuk mendapatkan kebahagiaan rumah tangga meski pasutri harus hidup secara terpisah.

Banyak pasangan harus hidup berjauhan satu sama lain karena tuntutan pekerjaan, bukan hanya selama satu atau dua tahun, tetapi untuk waktu yang lebih lama. Nyatanya, mereka dapat tetap hidup secara rukun dan bahagia. Hubungan cinta dan pernikahan mereka tetap awet dan langgeng meski dihadapkan pada situasi yang tidak ideal.

Tips Hubungan Long Distance Relationship Berjalan Baik dan Lancar
 

Lalu, bagaimana cara agar hubungan antara suami dan istri bisa berjalan dengan baik dan lancar meski harus hidup berjauhan? Berikut beberapa tips bagi anda yang menjalani LDR agar tetap memiliki hubungan yang harmonis dengan pasangan.

1. Komunikasi rutin via telepon, pesan teks, video call

Saat dua orang yang terikat hubungan berjauhan, salah satu cara menjaga agar ikatan batin tetap kuat adalah dengan komunikasi yang rutin.

Komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti pesan teks, telepon, dan video call.

Pesan teks adalah yang paling fleksibel dilakukan. Berkomunikasi dengan pesan teks bisa dilakukan kapan saja karena pada umumnya tidak mengharuskan balasan yang segera.

Namun demikian, mendengar suara pasangan juga penting. Carilah waktu luang di mana anda dapat bercakap-cakap dengan pasangan melalui telepon. Obrolan secara langsung akan menciptakan kedekatan. Lebih baik lagi bila percakapan disertai dengan video (video call).

2. Tanamkan rasa saling percaya

Dalam hubungan jarak jauh, rasa percaya kepada pasangan sangatlah penting. Tidak adanya diri anda di sisi pasangan dapat menyebabkan perasaan cemburu atau curiga berlebihan apakah pasangan tetap setia pada janji pernikahan.

Rasa cemburu dan curiga adalah hal yang lumrah dalam diri manusia, tetapi janganlah berlebihan. Cobalah bersikap percaya terhadap pasangan. Tanamkan di hati bahwa pasangan adalah orang yang baik dan setia.

3. Milikilah komitmen untuk setia

Kesetiaan merupakan hal yang penting dalam LDR karena seseorang hanya menjumpai pasangannya dalam kesempatan yang sangat jarang.

Ketidakhadiran pasangan dalam kehidupan dapat memunculkan kekosongan batin. Dalam kondisi demikian, mudahlah bagi pihak ketiga untuk masuk ke dalam hubungan rumah tangga dan memutuskan ikatan suami-istri yang selama ini terjalin erat.

Untuk itu, perlu komitmen yang kuat dari kedua belah pihak untuk selalu setia agar ikatan rumah tangga tetap terbina dengan utuh dan kuat.

4. Beri perhatian terhadap hal mencurigakan

Percaya pada pasangan merupakan keharusan dalam LDR. Namun demikian, jika ada tanda-tanda mencurigakan yang menunjukkan sikap tidak setia dari pasangan, itulah saatnya bagi anda untuk memberikan perhatian khusus.

Dalam hubungan LDR, seseorang bisa dengan mudah membohongi pasangannya. Anda tidak berjumpa dengan dirinya sehingga anda tidak bisa mengetahui dengan jelas aktivitas dan perilakunya. Seumpama ia berselingkuh dengan orang lain, dengan mudah ia dapat menyembunyikan bukti ketidaksetiaannya.

Itulah sebabnya, anda harus memberikan sinyal waspada saat ada sesuatu yang mencurigakan, misalnya jika merebak isu yang menyatakan pasangan menjalin hubungan spesial dengan orang lain.

Dalam kondisi demikian, anda harus mengambil tindakan agar keutuhan rumah tangga tidak terancam. Akan tetapi, jangan terburu-buru melakukan tuduhan. Bisa jadi kabar perselingkuhan itu hanyalah kabar angin yang tidak benar. Anda perlu bertanya dengan baik-baik kepada pasangan sekaligus berupaya mencari informasi yang akurat mengenai kondisi tersebut.

Jika memang benar ia menjalin hubungan rahasia dengan orang lain, tentu anda harus mengambil tindakan lebih lanjut. Apa tindakan anda bergantung pada banyak hal, misalnya pada seberapa jauh hubungan yang telah dijalin pasangan dengan orang lain. Contoh tindakan yang bisa anda ambil adalah mengakhiri hubungan LDR untuk kembali hidup serumah sehingga berkumpulnya anda dengan pasangan akan menghentikan sikap tidak setianya.

5. Jadwalkanlah perjumpaan

Dalam LDR, pertemuan antara pasutri menjadi pemuas dahaga akan kerinduan dan cinta. Pertemuan ibarat hujan yang menyiram kerontangnya hati.

Untuk itu, sebaiknya anda merencanakan pertemuan dengan pasangan jika waktu, biaya, dan kondisi memungkinkan.

Ada baiknya kunjungan yang dilakukan hendaknya diberitahukan, bukan sebagai kejutan. Dengan memberitahukan kapan waktu kunjungan, anda dan pasangan dapat menyiapkan rencana terbaik untuk memanfaatkan waktu kebersamaan.

6. Lakukan tindakan romantis

Ketiadaan perjumpaan fisik terkadang membuat seseorang lupa bersikap romantis kepada pasangan. Ini merupakan kekeliruan yang fatal. Dalam keterpisahan jarak, justru kata-kata dan tindakan romantis perlu dilakukan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana yang romantis, seperti mengucapkan rasa sayang dan kata cinta melalui telepon, whats app atau aplikasi perpesanan lain.

Anda juga bisa membuat video, menyanyikan lagu, atau membaca puisi yang anda rekam lalu kirimkan kepada dirinya yang menunjukkan betapa anda sangat mencintai dirinya. Bisa pula anda mengirimkan hadiah yang dipesan secara online atau surat tertulis yang romantis kepada pasangan.

7. Manfaatkan Media Sosial

Hubungan jarak jauh menuntut kreativitas agar hubungan tidak mengalami kejenuhan, Untungnya, saat ini banyak sekali kemudahan yang disediakan oleh teknologi, seperti bermunculannya aplikasi perpesanan (whats app, messenger, line, dan lain-lain) atau media sosial (facebook, twitter, instagram, dan lain-lain).

Aplikasi perpesanan dan media sosial dapat digunakan untuk menjaga hubungan rumah tangga tetap terjalin dengan baik meski berpisah tempat. Sebagai contoh, seseorang dapat memajang gambar berdua sebagai foto profil di media sosial sebagai tanda bahwa dia sedang berada dalam ikatan pernikahan. Contoh lainnya adalah seseorang dapat berkirim gambar dan kata-kata romantis secara lebih mudah melalui WhatssApp.

Media sosial seperti facebook juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengikuti kegiatan pasangan dan memberikan perhatian padanya. Ketahui apa yang dilakukan pasangan dengan mengikuti linimasa (timeline) di media sosialnya. Perhatian kecil seperti memberi tanda suka pada status yang dia posting atau berkomentar pada sesuatu yang dia posting akan memberikan kegembiraan padanya.

8. Lakukan sesuatu yang sama atau secara bersamaan

Seseorang tentu punya hobi yang sama dengan pasangannya, paling tidak satu atau dua hobi yang sama. Dalam hal ini, untuk merawat kebersamaan, alangkah baiknya jika pasangan tersebut melakukan hobi tersebut dan saling mengabarkan perihal hobi tersebut kepada pasangannya. Sebagai contoh, pasutri tersebut suka fotografi, lalu sang istri melakukan kegiatan memotret dan meminta sang suami untuk memberikan tanggapan.

Selain melakukan hobi yang sama, seseorang dapat pula melakukan sesuatu hal secara bersamaan, misalnya bernyanyi bersama (melalui telepon atau video call). Bisa pula pasutri menonton film bersama yang ditayangkan di televisi sembari pasutri saling berkomentar mengenai film tersebut melalui telepon.


Disclaimer: Artikel ini berasal dari berbagai sumber dan bukan merupakan panduan dari profesional. Perlakukan artikel ini sebagai informasi yang memperkaya terhadap suatu topik yang dibahas.

Post a Comment

Arsip