LC9gBUg7QN0V3hwrLd8lmNtvyApY7ArMY1rVEPEw

16 Situs Website Tempat Download Template Blog atau Tema Blogger Gratis untuk Blogspot 2024

Apabila kita memiliki blog, salah satu bentuk kustomisasi penting yang bisa kita lakukan adalah penggunaan tema/template blog yang tepat sesuai dengan keinginan.

Untuk blog yang menggunakan platform blogging di blogger.com (dengan tampilan akhir di alamat domain blogspot.com), ada berbagai template blog yang dapat digunakan secara gratis.

Memilih Template Blogger

Template blogger (atau tema blogger) mempengaruhi tampilan dan tata letak blog dalam berbagai perangkat yang digunakan (komputer, smartphone, tablet, laptop, dan sebagainya).

Pemilihan template blogger biasanya disesuaikan dengan peruntukan sebuah blog, misalnya template untuk blog pribadi berbeda dengan template untuk blog bertema majalah, profil pribadi/organisasi, dan fotografi.

Selain tampilan, template blogger juga berhubungan dengan kecepatan pemuatan laman blog, kemudahan sebuah blog dikenali oleh mesin pencari (seperti google dan bing), dan kemudahan terhadap upaya pemerolehan uang dari iklan (seperti adsense, adnow, dan sebagainya).

Template Bawaan Blogger

Blogger.com sebagai penyedia platform sebenarnya telah menyediakan template blog yang menarik, termasuk 4 template blog modern dan responsif: contempo, soho, emporio, dan notable.

Jika Sobat merasa puas dengan template bawaan dari blogger, tentu tidak menjadi masalah untuk menggunakannya. Akan tetapi, jika tidak puas dengan pilihan template bawaan blogger, solusinya adalah dengan menggunakan template dari pihak ketiga (dari penyedia jasa template).

Template Blogger Gratis vs Berbayar (Premium)

Penyedia jasa template biasanya menyediakan versi premium (berbayar) dan versi gratis dari template blog yang mereka buat.

Jika Sobat memiliki uang lebih sebagai modal untuk membuat blog, membeli template premium merupakan langkah yang bagus.

Pertama, fitur template gratis yang disediakan oleh pihak ketiga biasanya tidak selengkap template premium.

Kedua, biasanya tidak terdapat pemutakhiran (update) atas template gratis, padahal biasanya sebuah template blogger mengalami pemutakhiran oleh pembuatnya untuk menyesuaikan dengan kondisi terkini (misalnya penyesuaian dengan kebijakan dari blogger atau google).

Ketiga, blog yang menggunakan template gratis tidak boleh menghilangkan tautan (link) pembuat template pada bagian footer blog. Sebagian orang menganggap adanya tautan (link) tersebut terkesan kurang profesional.

Keempat, biasanya penyedia jasa template memberikan dukungan teknis jika Sobat membeli template premium. Dalam artian ini, Sobat dapat berkonsultasi dengan penyedia jasa template mengenai bagaimana cara memasang dan mengatur template agar penggunaannya sesuai yang diharapkan, termasuk jika terdapat permasalahan pada template yang dibeli.

Namun demikian, jika Sobat tidak berkeberatan dengan hal-hal tersebut, tentu tidak masalah untuk menggunakan template gratis.

Situs Website Tempat Download Template Tema Blogger Gratis untuk Blogspot


Di Mana Mendownload Template Blogger Gratis?

Berikut ini beberapa situs penyedia template yang menyediakan versi gratis dari template premiun yang patut untuk Sobat jadikan rujukan dalam mencari template blog terbaik, yaitu sebagai berikut.

www.idntheme.com

Penyedia jasa template dalam negeri (Indonesia) yang menyediakan berbagai template blogger dengan desain dan tampilan menarik.

gooyaabitemplates.com

Situs penyedia template blog yang menyajikan koleksi template blog yang tampak premium dan dengan desain yang elegan.

www.soratemplates.com

Salah satu situs populer bagi blogger yang hendak mencari template blogspot yang menarik dengan berbagai gaya (style).

www.templatesyard.com

Dalam situs ini banyak tersedia template blogspot yang dirancang agar blog mendapatkan lebih banyak lalu lintas (traffic) pengunjung.

www.themexpose.com

Di sini Sobat dapat mendownload template blog dengan fitur desain yang responsif (responsive design). Dengan fitur ini, tampilan blog akan menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan.

www.oddthemes.com

Penyedia template blog yang berspesialisasi dalam mendesain template blogger yang responsif dan dapat dikustomisasi.

www.way2themes.com

Sesuai dengan motonya: Way to Awesomeness, Way2Themes menyediakan template blogger yang bersih, elegan, dan indah.

www.beautytemplates.com

Sesuai namanya, situs ini menyediakan berbagai template blogspot yang cantik dan bertema feminin.

www.bloggertheme9.com

Salah satu penyedia template yang dapat menjadi rujukan untuk memilih template blog profesional dengan desain yang segar.

www.templateify.com

Website ini menyediakan template blog dengan tampilan yang menarik.

www.templatemark.com

Berbagai pilihan template blogger dengan fitur ramah SEO (SEO friendly) dan mobile friendly.

www.templatesilk.com

Penyedia template blogspot yang memiliki ide, fitur, dan navigasi yang unik.

copybloggerthemes.com

Di sini banyak template blogspot yang indah dengan pemuatan laman yang cepat (fast loading).

www.naminakiky.com

Blog berbahasa Indonesia yang menyediakan template blog gratis dengan tampilan layaknya template blog premium.

www.protemplateslab.com

Penyedia jasa template yang banyak menyediakan template blogger gratis.

btemplates.com

Salah satu penyedia template gratis yang sudah ada sejak tahun 2008.

Post a Comment

Arsip